Ads (728x90)


Banda Aceh - Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Aceh menggandeng UMKM lokal untuk memproduksi satu juta masker kain yang akan dibagikan kepada masyarakat, dalam rangka mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Aceh Dr Wildan M Pd mengatakan, masker akan diproduksi sebanyak 1 juta lembar dengan melibatkan
seribuan lebih UMKM yang sudah terdaftar.

Program sejuta masker tersebut sebagai bagian untuk membangkitkan ekonomi pelaku UMKM di 23 kabupaten dan kota seluruh Aceh, lanjutnya pada Minggu (19/04).

"Kalau jumlah penjahit atau konveksi mungkin lebih banyak, tapi tidak semua memproduksi masker. Saya ingin memberdayakan penjahit yang selama ini tidak punya order, kita dukung mereka dari sisi ekonomi. Kemudian masker yang mereka produksi kita bagikan kepada masyarakat, " jelasnya.

Wildan berharap dalam minggu ini produksi masker bisa mencapai 100 ribu lembar, nantinya masker yang telah selesai akan didistribusikan ke kawasan terdekat dulu.

Ditambahkannya, masker yang diproduksi UMKM  sesuai dengan standar yang ditetapkan Pemerintah Aceh berdasarkan rekomendasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Aceh, rekomendasi Dinas Perindag Aceh, dan hasil analisis produksi dari pelaku UMKM.

"Hari ini secara simbolis kita serahkan kepada perwakilan Pemerintah Kota Banda Aceh sebanyak 10 ribu dan Aceh Besar 15 ribu. Sementara untuk kabupaten dan kota lain, mulai besok akan kita salurkan secara bertahap,” demikian ujar Wildan.

Red



Posting Komentar