Ads (728x90)


Banda Aceh - Lembaga  Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) merilis tanggal resmi pendaftaran dan pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk masuk perguruan tinggi tahun 2020. Dalam surat edaran nomor 11/SE.LTMPT/2020, disebutkan jika pendaftaran UTBK dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan dilaksanakan pada tanggal 2-20 Juni 2020. Sementara pelaksanaan UTBK akan berlangsung pada 5-12 Juli 2020 dan pengumuman SBMPTN pada 25 Juli 2020.

Wakil Ketua I LTMPT yang juga Rektor Unsyiah, Prof Dr Ir Samsul Rizal, M Eng IPU mengatakan, perubahan waktu ini dilakukan karena pertimbangan situasi nasional yang saat ini sedang menghadapi wabah Covid-19.

“Langkah ini dilakukan karena situasi negara yang tidak kondusif untuk menyelenggarakan UTBK dan SBMPTN, sehingga kita butuh penyesuaian tata cara dan jadwal baru,” ujar Prof Samsul pekan lalu.

Selain perubahan jadwal, pelaksanaan UTBK juga mengalami beberapa perubahan lainnya. Perubahan itu tambahnya, seperti materi tes yang diuji hanya Tes Potensi Skolastik (TPS). Selain itu, setiap peserta hanya diizinkan maksimal mengambil satu kali tes, dan waktu pelaksanaan tes dilakukan empat sesi setiap harinya.

Namun menurutnya, dari semua perubahan informasi tersebut, yang tak kalah penting yang harus diketahui calon peserta adalah adanya penggabungan pendaftaran UTBK dan SBMPTN. Penggabungan ini dilakukan karena waktu yang semakin pendek dan mendekati tahun ajaran baru, sehingga tidak mungkin dilakukan dengan cara normal layaknya tahun kemarin.

“Pendaftaran UTBK dan SBMPTN harus dilakukan peserta secara bersamaan. Siswa saat mendaftar, selain memilih lokasi tes UTBK juga harus memilih PTN dan Prodi yang diinginkan. Jadi mereka harus memilih PTN dan Prodi tanpa tahu nilai UTBK-nya, " lanjut Rektor Unsyiah.

Ia berharap, perubahan ini dapat diikuti dan dimaklumi oleh calon peserta. Untuk itu, ia meminta segala proses dapat dilakukan dengan baik karena menentukan keikutsertaan di SBMPTN. Dia juga mengimbau agar calon peserta agar selalu memantau laman LTMPT agar dapat memperbaharui informasi.

 Red

Posting Komentar