Iklan

Disperindag Aceh Raih Juara Dua Stand Terbaik, Pada Pameran Bandung Tourism Craft And Investment Expo 2022 di Bandung

Senin, 27 Juni 2022, Juni 27, 2022 WIB Last Updated 2022-06-27T14:04:01Z


 


Banda Aceh - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh melalui Bidang Perdagangan Luar Negeri meraih juara dua sebagai Stand Terbaik di Pameran Bandung Tourism, Craft and Investmen Expo (Bandung TCI Expo).

Pameran Bandung TCI Expo dilaksanakan selama empat hari, mulai tanggal 16 – 19 Juni 2022.

Kegiatan ini dilaksanakan di Cihampelas Walk, Kota Bandung, Jawa Barat. Pagelaran Bandung TCI Expo yang diselenggarakan yang ke 8 kalinya diikuti lebih kurang 16 stand yang berasal dari beberapa Pemerintah Provinsi dan Kabupaten dan Kota se-Indonesia.

Pameran Pariwisata, Kerajinan dan Investasi Daerah yang diselenggarakan oleh PT. Aira Mitra Persada dengan tujuan utama untuk mempertemukan langsung produsen dengan distributor, konsumen potensial dan investor dengan sasaran dikenalnya produk daerah oleh masyarakat konsumen dalam negeri serta pengembangan produk daerah yang mampu menembus pasar ekspor sekaligus juga mempromosikan pariwisata dan peluang investasi daerah.

Pelaksanaan Pameran ini juga mendapat dukungan dari Kementerian Perdagangan RI, Kementerian Koperasi dan UKM, Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dan beberapa asosiasi terkait.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh melalui Bidang Perdagangan Luar negeri memfasilitasi 4 (empat) pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) yaitu Yuyun Bordir yang menampilkan produk kerajinan (craft) berupa tas motif Aceh, Bilie Droe menampilkan produk home decor dari ayaman pohon bilie, Fitri Souvenir dengan produk hiasan dinding serta kerajinan kasab Pidie dan Eva Choice menampilkan produk aksesories pakaian.

Selama pameran berlangsung, para pengunjung sangat antusias terhadap produk yang ditampilkan pada Stand Dinas Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh, para pengunjung berasal dari beberapa Kawasan di Kota Bandung, Beberapa Kota/Kabupaten di Jawa Barat, Jakarta dan beberapa diantaranya dari Luar Negeri seperti dar Malaysia, Pakistan, Singapura dan Jerman.

Para pengunjung sangat tertarik akan motif Aceh yang terdapat pada produk yang ditampilkan pada pameran ini, mereka berinteraksi, bernegosiasi serta bertransaksi dengan para IKM di Stand Dinas Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh yang menampilkan produk unggulannya.

“Syukur Alhamdulillah, Stand Perdagangan Luar negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh meraih predikat terbaik kedua dari 16 stand yang mengikuti Pameran Bandung TCI Expo ,” jelas Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh, melalui Sub Koordinator Promosi dan Kerjasama Luar Negeri Susilawati kepada medis Kamis (23/06/22).

Susiliawati mengatakan, pameran ini merupakan salah satu kegiatan promosi produk unggulan ekspor Aceh dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh, pameran ini menjadi media promosi yang tepat untuk mengenalkan produk unggulan ekspor yang dihasilkan oleh para IKM di Aceh, juga mempertemukan langsung para IKM dengan distributor dan pembeli yang potensial.

“Dalam pameran ini, kami menampilkan produk-produk unggulan kualitas ekspor dari para IKM Aceh, hampir semua produk yang ditampilkan merupakan produk hasil dari Designers Dispatch Service (DDS) yaitu program pendampingan produk oleh desainer desain produk yang merupakan kerjasama Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh dengan Direktorat Pengembangan Ekspor Nasional Kementarian Perdagangan RI, jadi produk yang dihasilkan lebih rapi, fungsional dan yang utama desainnya uptodate sesuai dengan selera konsumen saat ini”, lanjut Susilawati.

Susilawati berharap dengan partisipasi para IKM Aceh pada Pagelaran Bandung TCI Expo ini mampu menambah pengetahuan para IKM terutama dalam hal teknik pemasaran produk agar dapat menembus pasar nasional dan pasar internasional, serta harapan kepada para pelaku IKM di Aceh agar selalu meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan sehingga citra produk Aceh semakin dikenal baik oleh dunia luar. (ADV)

 

 

Komentar

Tampilkan

Terkini