Kemana Kotoran Ayam Petelur Dibawa UPTD Dinas Peternakan Aceh

Selasa, 04 April 2023, April 04, 2023 WIB Last Updated 2023-04-05T01:49:28Z


https://youtu.be/oZuYA4PIEH0


Banda Aceh - Memiliki produksi kotoran 50.000 ekor ayam petelur, ternyata Dinas Peternakan Aceh belum mampu mengolahnya menjadi pupuk. “Kotoran itu tidak bisa dikeringkan, kita belum punya anggaran untuk penanganan limbah," kata Kepala BLUD Yessy Fandipa, MM, Selasa, (04/04), di Banda Aceh.

 

Yessy Fandipa tidak menjawab ketika ditanya kemana mereka membawa hasil produksi kotoran sebanyak itu. Dia juga tidak menjawab berapa banyak hasil kotoran ayam dari UPTD ayam petelur sehari, meski pesan Whatsapp telah dikirim kepadanya.

 

Persoalan kotoran unggas sering membawa persoalan antara peternak dan masyarakat di Aceh. Di beberapa lokasi peternakan ayam pedaging di Aceh Besar, sering membuat konflik antara warga setempat dengan pengusaha peternakan ayam.

 

Warga umumnya mengeluhkan banyak lalat masuk ke hunian mereka. Terutama  pengusaha kuliner yang kewalahan menangani ribuan lalat yang menyerbu warung mereka, seperti dikeluhkan warga Leupung dan Ujong Pancu beberapa waktu lalu.

 

Di Desa Meunasah Uke Kecamatan Geulumpang Baro Kabupaten Pidie, kotoran ternak yang berasal dari  budidaya ayam pedaging,  menimbun dan menutupi bekas-bekas kolam ikan. Ada banyak peternakan ayam di Meunasah Uke yang aroma baunya menyengat hingga ratusan meter dari lokasi.

 

Persoalan kotoran ternak telah menjadi masalah serius di Aceh. Di Aceh Besar peternak sapi tidak tahu harus membuang kemana kotoran ternak mereka, karena tidak menemukan solusi, kotoran ternak menumpuk di dalam kandang.

 

Akibatnya sapi di Aceh Besar mengalami kelambanan pertumbuhan. Ketika musim meugang datang, sapi mereka yang sudah berusia dua tahun  belum bisa disembelih, demikian ungkap seorang peternak di kawasan Samahani Mukhlis Basyah, S Sos.

 

Di Kabupaten Pidie mulai dari Kecamatan Mutiara hingga kecamatan Simpang Tiga, kotoran sapi berceceran sepanjang jalan, kotoran itu tidak pernah dibersihkan hingga mengering sendiri tersapu kenderaan yang melintas.

 

Tarmizi Alhagu

Komentar

Tampilkan

Terkini

Seputar%20Nanggroe

+