Iklan

Orang Aceh Minum Susu Mencret Fakta Atau Mitoskah?

Jumat, 14 April 2023, April 14, 2023 WIB Last Updated 2023-04-15T01:27:00Z

 

 

Sapi Perah Di UPTD Saree Sedang Makan

 

 

Banda Aceh - Sebuah kenyataan aneh dari rakyat Aceh adalah mereka tidak bisa minum susu, langsung mencret saat pertama sekali minum. Itulah sebuah pernyataan yang saya dapatkan,  dari Kepala UPTD Peternakan Sapi Dinas Peternakan Aceh di Saree Hendra Saputra.

 

Keanehan ini tentu saja mengagetkan saya, kenapa hal ini bisa terjadi? Seluruh dunia orang minum susu, semuanya baik-baik saja. Tapi kenapa orang Aceh bisa mencret bila minum susu, sungguh membuat sebuah pernyataan yang sulit dikonfirmasi kebenarannya.

 

Susu adalah minuman penuh zat gizi seperti vitamin dan Kalsium yang dibutuhkan anak dan orang dewasa. Susu dikonsumsi masyarakat seluruh dunia, mulai dari bangsa Romawi, Turki, Arab, Afrika, Cina dan berbagai rumpun bangsa lainya, susu adalah minuman penuh Kalsium, yang cukup baik untuk pertumbuhan tulang.

 

Tulang adalah tempat melekatnya daging, bila tulang tidak mengalami pertumbuhan, di mana pula daging mau melekat. Disitulah perlunya minum susu, agar tubuh tumbuh tinggi dan sehat, tidak menjadi kerdil atau mengalami stunting.

 

Namun bila kenyataanya meminum susu menjadi mencret? Darimana masalah itu muncul, apakah dari kondisi perut orang yang meminumnya, ataukah dari pengolahan susu yang tidak steril. Atau mungkin susu yang diberikan sudah kadaluarsa.

 

Kenyataan orang Aceh mencret bila minum susu membuat saya harus mencari banyak referensi. Hingga akhirnya saya menghubungkan bangsa ini dengan asal usul mereka dari bangsa Cham. Adakah hubungan bangsa Champa yang beragama Hindu tidak minum susu dengan Aceh?Karena mungkin ada kaitan kepercayaan mereka yang mendewakan sapi seperti umat Hindu India?.

 

Sulit memang untuk mendapat jawaban dari soal mencret minum susu ini. Rasanya kolot sekali orang Aceh, minum susu saja mencret. Terlalu aneh bila diperbandingkan dengan bangsa lainnya di dunia. Seaneh orang tua Aceh yang mengatakan kepada anaknya bila makan ikan akan cacingan.

 

Susu adalah minuman yang disebutkan dalam Al Qur,an sebagai rahmat dari tuhanmu, dia berada diantara darah dan kotoran,  begitu Allah menjelaskan dalam wahyunya pada surat Hud. Susu adalah minuman yang diminum oleh Rasullullah Muhammad SAW dan para sahabat, lalu kenapa pula orang Aceh bisa mencret minum susu? Adakah berbeda perut orang Aceh dengan perut orang lain di dunia?.

 

Keanehan orang Aceh ini tentu berdampak langsung pada tingkat stunting yang tinggi di Aceh. Bahkan begitu sulitnya pemerintah Aceh berupaya menurunkan tingkat stunting. “ Sudah susu tidak minum, makan ikan cacingan, makan daging juga jarang” itulah Aceh, sebuah bangsa yang aneh di planet bumi, minum susu bisa mencret.

 

Aceh Hanya Punya Tiga Ekor Sapi Perah.

Jadi tidak heran bila Dinas Peternakan Aceh, hanya memiliki tiga ekor saja sapi perah di kandang mereka UPTD Saree. Karena mungkin rakyat Aceh tidak membutuhkan, untuk apa pula dikembangkan, mungkin begitu logikanya.

 

Logika itu dibenarkan oleh Kepala UPTD Saree Hendra Saputra, lelaki yang mengambil S-3-nya disebuah Universitas Thailand, mengatakan sebenarnya telah pernah dikembangkan sapi perah di Blang Rakal, Aceh Tengah dahulu. Tetapi tidak ada peminat pada susu sapi saat itu, walaupun di Blang Rakal mandi susu, katanya.

 

Bila kenyataannya seperti ini, tentu akan mengalami dilematis untuk mengurangi tingkat stunting di Aceh. Perlu pemahaman kembali kepada masyarakat tentang perlunya minum susu, agar tidak menjadi bangsa aneh di planet bumi .

 

Tarmizi Alhagu.

Komentar

Tampilkan

Terkini

Seputar%20Nanggroe

+