Amal Hasan Gagas Agar Tatakelola Perkebunan di Aceh Jaya Diaktifkan.

Sabtu, 06 Mei 2023, Mei 06, 2023 WIB Last Updated 2023-05-06T05:12:16Z



Calang - Ekonom dan Mantan Bankir Amal Hasan, SE.MSi mengagas agar sistem tatakelola  perkebunan di Aceh Jaya segera diaktifkan agar seluruh potensi hasil perkebunan dan pertanian yang sedang tumbuh dapat memberikan nilai tambah dan secara maksimal menjadi daya dorong dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat. 


Hal tersebut disampaikan Amal Hasan dalam kegiatan silaturahmi dengan para pelaku usaha, tokoh pemuda dan mahasiswa serta tokoh tokoh masyarakat di Kecamatan Pasie Raya kemarin. Jum'at (05/05/2023).



Dalam kunjungan silaturrahmi ke kecamatan Pasi Raya yang digagas oleh forum paguyuban pemuda pelajar mahasiswa Aceh Jaya tersebut turut dihadiri tokoh tokoh masyarakat dan pengusaha diantaranya Ulul Azmi (pengusaha sawit), Zulfikri (pengusaha jagung), Dedi Heriadi (pengusaha pariwisata dan tokoh pemuda Karang Taruna), Maulidi (pengusaha peternakan), Mauli Harisman (pengusaha pertanian),

T. Zurihal (tokoh pemuda penggiat seni budaya), Hidayat (tokoh muda dan Ketua ikatan mahasiswa pelajar pasiraya), serta warga masyarakat lainnya.


Amal Hasan yang juga Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala tersebut mengatakan dengan potensi lahan dan hasil perkebunan pertanian yang ada dikawasan kecamatan Pasi Raya semestinya memberikan dampak yang berbanding lurus dengan peningkatan pendapatan petani dan masyarakat. Kawasan Pasi Raya ini memiliki bentang wilayah yang sangat luas dan mampu menghasilkan berbagai komoditas unggul disektor perkebunan pertanian peternakan serta parawisata. 


Sejak dulu Pasi Raya ini sudah menjadi magnet ekonomi di Kabupaten Aceh Jaya dengan berbagai hasil pertanian perkebunan yang seluruhnya melibatkan masyarakat setempat. Tapi sangat disayangkan ketika berbagai produk tersebut mampu diproduksi dalam skala besar oleh masyarakat namun sistem tatakelolanya tidak diaktifkan dan tidak berjalan dengan baik sehingga mekanisme pasar tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya.


Amal Hasan menyarankan agar pemerintah daerah melakukan upaya yang lebih aktif mendorong terbentuknya asosiasi pertanian dan perkebunan di Aceh Jaya agar seluruh potensi yang ada dapat memberi manfaat kepada masyarakat,  terutama dalam pengendalian harga pasar produk produk yang dihasilkan agar tidak merugikan petani.


Dalam kegiatan silaturahmi dan diskusi dengan berbagai tokoh masyarakat Pasie Raya tersebut berbagai informasi masukan serta keluhan tentang isu isu ekonomi yang terjadi disana disampaikan kepada Amal Hasan yang merupakan salah satu putra terbaik Aceh Jaya dengan harapan seluruh potensi ekonomi yang ada dikawasan ini mampu menunjang kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh dimasa depan.


Saya melihat hampir diseluruh wilayah Pasi Raya bisa dikembangkan. Disamping perkebunan dan pertanian yang sudah berkembang disana sektor peternakan dan pariwisata juga memiliki prospek dan potensi yang sangat menjanjikan. Ini hanya butuh sentuhan dan kehadiran pemerintah daerah lebih nyata untuk menjadikan kawasan pasiraya menjadi salah satu sentra ekonomi Aceh Jaya kata Amal Hasan yang juga aktif diberbagai organisasi nasional dan merupakan Ketua Perhimpunan Humas Indonesia Provinsi Aceh ini.


Amal Hasan optimis dimasa yang akan datang seluruh wilayah Aceh Jaya akan berpotensi menjadi maghnet baru pengembagan ekonomi kawasan diwilayah Barat Selatan Aceh. Dan saya juga yakin dengan sistem tatakelola yang baik nantinya seluruh potensi yang ada disana akan dapat dinikmati hasilnya oleh masyarakat secara luas.


"Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dimasa yang akan datang maka fondasi ekonomi daerah harus dibangun dan diperkuat dengan skala prioritas pada sektor sektor unggulan sesuai  potensi wilayahnya dan tentunya harus berbasis pada masyarakat dengan berbagai kearifan lokal yang ada, tegas Amal Hasan putra Aceh Jaya mantan direksi Bank Aceh tersebut.


"Saya berharap seluruh warga masyarakat dan berbagai stakeholder Aceh Jaya bisa bersama-sama bersinergi dan saling terintegrasi dalam membangun masa depan dengan fokus pada penguatan fondasi ekonomi  secara terpadu, terstruktur dan berkelanjutan dalam visi misi yang sama, yaitu menuju kejayaan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Aceh Jaya

" tutup Amal Hasan yang diharapkan oleh berbagai tokoh dapat menjadi calon pemimpin Aceh Jaya pada 2024 nanti (***)


Komentar

Tampilkan

Terkini

Seputar%20Nanggroe

+