Pengurus Wilayah Dewan Dakwah Islamiyah Aceh 2021-2026 Resmi Dilantik

Minggu, 21 Februari 2021, Februari 21, 2021 WIB Last Updated 2021-02-27T13:34:34Z

 



Banda Aceh - Wakil Ketua Umum Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia Pusat, Ustaz Drs H Amlir Syaifa Yasin, MA melantik Pengurus Wilayah Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia Provinsi Aceh Masa Khitmah 2021-2026, di Anjong Mon Mata Banda Aceh, pada Sabtu malam (20/2/2021).


Gubernur Aceh Ir Nova Iriansyah MT yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Zahrol Fajri S Ag MH mengatakan arah pembangunan Aceh Meuadab adalah melahirkan generasi Aceh yang memiliki kualifikasi terbaik lahir dan batin, berkarakter, memiliki mental juang tinggi dengan semangat pantang menyerah dan ber-akhlaqul karimah.


"Tentu semangat ini sangat penting dimiliki oleh generasi muda Aceh saat ini, dan diharapkan tidak mudah pudar karena pengaruh perubahan zaman. Untuk itu, dalam rangka menyukseskan program pemerintah Aceh ini, kami mendorong agar Dewan Dakwah terus melakukan studi dan perencanaan dakwah dengan baik dan benar, " paparnya.


"Sehubungan dengan itu, kami sangat mengharapkan peran yang besar kepada Dewan Dakwah Islamiyah Aceh untuk dapat berkiprah secara maksimal dalam kegiatan dakwah di Aceh. Apalagi kami melihat bahwa Dewan Dakwah menjadi wadah berkumpulnya para cendikiawan dan intelektual muslim. Kami yakin, dengan kecerdasan ilmu yang dimiliki dapat digunakan untuk tujuan memperbaiki tatanan kehidupan masyarakat di Aceh, " urainya.


"Oleh karena itu, kami berharap kepada Dewan Dakwah Islamiyah Aceh agar terus melakukan evaluasi dan terobosan serta inovasi baru dalam rangka menjawab seluruh permasalahan umat Islam terutama terjadinya dekadensi moral generasi muda di era milenial ini, " ucapnya lagi.




Sementara itu, Sekretaris Dewan Dakwah Islamiyah Aceh Zulfikar SE M Si menjelaskan  saat ini Dewan Dakwah Islamiyah Aceh sedang mengupayakan membebaskan lahan 2200 m untuk pembangunan gedung pendidikan Islam.


"Jadi kita mengharapkan kemurahan hati dari para muslimin yang bersedia menjadi donatur, sehingga tahun ini bisa terbayar setengahnya, " sebutnya.


Dijelaskannya, Dewan Dakwah Islamiyah Aceh bertekad tahun ini bisa menerima mahasiswi akademisi dakwah putri, yang berasal dari berbagai daerah perbatasan untuk memperkokoh akidah, apalagi sekarang sedang krisis ustazah.


"Sehingga perlu pengkaderan dalam bentuk akademi dakwah, setahun pendidikan dakwah dan membaca Al Qur'an kemudian dilanjutkan ke Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Muhammad Nasir di Bekasi, " imbuhnya.


Ditambahkannya, program prioritas ke depan yakni memberikan bantuan pendidikan kepada anak didik di perbatasan, lalu menjaga akidah umat dengan melakukan pengajian rutin tiap bulan di daerah perbatasan seperti Singkil, Subulussalam dan Aceh Tenggara.


Pengurus Wilayah Dewan Dakwah Aceh yang  dilantik untuk periode lima tahun ke depan merupakan hasil Musyawarah Wilayah (Muswil) V Dewan Dakwah Aceh yang dilaksanakan pada Minggu (22/11/2020) lalu di Kompleks Markaz Dewan Dakwah Aceh di Gampong Rumpet, Kecamatan Krueng Barona Jaya, Aceh Besar.


Kepengurusan Dewan Dakwah Aceh terdiri dari Majelis Syura, Pengurus Harian, Bidang-bidang dan Badan-badan khusus.


Adapun Majelis Syura Dewan Dakwah Aceh diketuai oleh Dr Tgk Hasanuddin Yusuf Adan, MCL MA dan sekretaris Said Azhar, SAg.


Sedangkan anggota terdiri atas 31 tokoh di antaranya terdapat nama Prof Dr Iskandar Usman MA, Prof Dr M Faisal ST Meng, Prof Dr M Hasbi Amiruddin MA, Prof Dr Khairil Daud, MSc, Dr Ali Amin, SEAk MSi, Dr Gunawan Adnan MA, Dr A Mufakhir Muhammad MA, Dr Bustami Usman Tiro MPd, Dr Ajidar Matsyah, Lc MA, Dr Sofyan A Gani MA, Drs H Ghazali Abbas Adan, Tgk Fakhruddin Lahmuddin, SAg MPd, Khairil Syahrial ST MAP dan Hj Adiwarni.


Adapun susunan lengkap Pengurus Wilayah Dewan Dakwah Aceh 2021-2026 adalah sebagai berikut :


Pengurus Harian
Ketua : Dr Muhammad AR, MEd
Wakil Ketua I : Drs Bismi Syamaun
Wakil Ketua II : Enzus Tinianus, SH MH
Wakil Ketua III : Dr Abizal Muhammad Yati, Lc MA
Wakil Ketua IV : Dr Rahmadon Tosari Fauzi, MEd PhD


Sekretaris : Zulfikar, SE MSi
Wakil Sekretaris I : Hanisullah, S.KomI, MPd
Wakil Sekretaris II : Murdani Amiruddin Tijue, S.PdI
Wakil Sekretaris III : Reza Adlani, S.SosI


Bendahara : Dr Ridwan Nurdin, SE MSi
Wakil Bendahara I : Taufiqurrahman, SE
Wakil Bendahara II : Arnisah Phonna


Dilengkapi dengan 16 bidang-bidang dengan para ketuanya sebagai berikut :
Luar Negeri : Ir Nazar Idris MP
Pendidikan : Khatib A Latief Mlis
Penempatan dan Pembinaan Dai : Muhammad Muslim MA
Pembinaan Keluarga : Dr Saifullah Yunus Lc MA


Pengembangan Studi Al Quran : Dr Syahbuddin Gade, MA
Kaderisasi Ulama : Dr Badrul Munir MA
Pengembangan Organissai Daerah : Danil Rianda, S.PdI
Politik, Hukum dan HAM : Dr Azhari Yahya SH MCL MH
Kominfo, Penyiaran dan Dokumentasi : Sanusi Madli, SP
Kesra : Suwardi SST
Kajian dan Ghazwul Fikri : Ghazali M Adam, SAg MA
Kerukunan Ummat Beragama : Dr Syukri M Yusf Lc MA
Bina Mesjid : Dr Bustami Abu Bakar, SAg Mhum
Pesantren : Drs Samir Abdullah, MA
Waqaf, Infaq dan Sadaqah : Ir Razali Adami, MP
Sosial dan Kebencanaan : Asyraf Abdu Syakur, S.SosI


Juga disertai badan-badan khusus, yaitu :Pemuda Dewan Da’wah : Basri Effendi, SH MH M.Kn

Muslimat Dewan Da’wah Aceh : Roslaila Binti Usman Latief, S.Ag

Brigade Dewan Da’wah Aceh : Drs. Mukhtarullah Yusuf.


Soraya

Komentar

Tampilkan

Terkini

Seputar%20Nanggroe

+