Iklan

Melihat Bagaimana Pemerintah Norwegia Sejahterakan Rakyatnya

Minggu, 21 Maret 2021, Maret 21, 2021 WIB Last Updated 2021-03-30T01:22:01Z

 




                   Rumah Yang Dibangun  Pemerintah Untuk Warga Norwegia



Norwegia menjadi salah satu negara paling nikmat hidup didunia,  negara ini ditabalkan sebagai negara paling bahagia didunia, kenapa bisa demikian, yuk kita intip bagai mana sebenarnya warga yang tinggal dinegara skandinavia  ini hidup.

 

Setiap warga Norwegia tanpa bekerjapun sudah mendapatkan  subsidi dari pemerintah sebesar 6000 kroner Norwegia setiap bulan,  mereka tidak perlu repot mencari pekerjaan, karena pemerintah mencarikan pekerjaan untuk mereka, jika mereka tidak punya skill, pemerintah akan memberi pelatihan, saat mereka dilatih atau diajari cara bekerja, pemerintah telah memberikan gaji.

 

Jika warga memilih untuk membuka usaha, maka pemerintah akan memberikan modal usaha untuk mereka, yang nanti dibayarkan melalui kredit perbankan, jika usahanya gagal mereka dapat kembali bekerja, kreditnya dipotong dari gaji pada pekerjaan.

 

Ketika mereka sudah berkeluarga maka fasilitas yang diberikan oleh Negara akan semakin banyak lagi, saat memiliki anak, pemerintah akan memberikan berbagai tunjangan, dari mulai biaya untuk keperluan si anak sampai biaya untuk merawatnya diberikan kepada orang tua.

 

“Dinegeri ini memiliki lebih banyak anak, sama artinya memiliki banyak penghasilan yang diberikan oleh pemerintah, untuk merawat seorang anak saja sudah diberi upah kepada ibunya 4000 kroner sebulan.”

 

Namun jangan coba-coba menyakiti anak di Norwegia, sedikit saja tubuh mereka lecet, bila pihak komune mengetahui, maka orang tuanya akan dihukum, anak diambil dan diasuh oleh negara, baru setelah berusia 18 tahun seorang anak boleh memilih kembali kepada orang tuanya atau tinggal mandiri.


Ketika masuk usia sekolah pemberian uang dari pemerintah juga bertambah besar, selain uang untuk keperluaan sehari-hari mereka, jika akan masuk kuliah, pemerintah memberi uang 800.000 ribu kroner atau 1,5 miliar rupiah dengan uang kita untuk membeli buku.

 

Biaya pendidikan digratiskan dinegeri ini, yang ada hanya pemberian demi pemberian dari pemerintah kepada para warganya.

 

Komune Atur Semua Keperluan Warga


                               Suasana Kantor Polisi Norwegia

Semua persoalan seperti itu ditangani oleh komune ( setingkat camat) pada negeri kita,  ber
bagai persoalan warga diatur oleh komune, mulai masalah pekerjaan, kesehatan, persoalan rumah tangga, tempat tingggal, semua diatur oleh pemerintah, warga tinggal menikmati saja.

 

Dibidang kesehatan warga boleh memilih dokter mana yang mereka inginkan, ada semacam klinik atau praktek dokter yang disana disebut Legal, bila tidak nyaman dengan dokter yang telah diberikan pemerintah, warga norwegia boleh memilih dokter yang lain, tinggal melaporkan saja kepada komune masalah apa dengan dokter sebelumnya.

 


     Helicopter Ambulance Didepan Rumah Sakit Universitetet Norwegia


Bila sakit boleh menelpon rumah sakit, petugas kesehatan akan datang dengan ambulance kerumah,  dalam kondisi darurat pelayanan dengan helicopter disediakan.

 

Warga yang harus menjalani rawat inap dirumah sakit ditangani dengan maksimal oleh dokter terbaik, bila sudah sembuh mereka diberikan tempat istirahat dikamar hotel yang tersedia disamping gedung rumah sakit. Semua pelayanan ini diberikan gratis untuk semua warga.

 

Negara menyediakan rumah untuk setiap warganya, namun bila ingin memiliki rumah sendiri boleh membelinya, pemerintah membantu pembayaran dengan pemberian kredit.

 

Demikian juga bagi warga yang ingin memiliki mobil, pemerintah memberi  kredit untuk pembelian, agar mobilitas warganya nyaman kemana-mana.

 

Tidak ada Koruptor dan Maling


Warga Stavanger Bersantai Disebuah Kawasan Kuliner di Centrum


Dibidang keamanan negeri ini sungguh sangat aman, hampir tidak ada kejahatan sama sekali, penjara-penjara kosong, meskipun mereka menyediakan fasilitas penjara berstandar hotel bintang lima.

 

Tidak ada pencurian dan perampokan di norwegia, toko-toko emas dan berlian hanya berdinding kaca dibuka di centrum (pusat kota),  tanpa penjagaan, pintu kaca, jendela kaca, bahkan dindingnya pun kaca.

 

Malam haripun tidak ada maling yang datang untuk mencuri atau merampok, semua serba teratur dinegeri ini.

Kejahatan korupsi tidak dikenal dinegeri ini, tidak ada orang yang bisa korupsi, tidak ada orang yang boleh mencuri, karena sistem keuangan setiap warga norwegia terbuka, yang terkoneksi dengan no register kartu tanda penduduk mereka.

 

“Setiap orang boleh tahu keuangan orang lain, mereka tinggal menekan nama seseorang, maka semua penghasilannya, dari mana dia dapatkan penghasilan akan keluar dilayar  komputer,” kata seorang warga.

 

Bila seseorang memiliki uang tunai yang berlebihan dari biasanya, maka petugas polisi akan datang memeriksa, dia harus membetahu  darimana mendapatkan uang, bila dicurigai ada kejahatan pelakunya akan ditahan.

 

Anak-anak dibawah usia 10 tahun tidak diperbolehkan memegang uang dinegeri ini, jadi tidak sama dengan negeri kita, bocah cilik bisa seenaknya jajan diwarung dan membayarnya.

 

Tidak ada anak usia sekolah atau dibawah usia 18 tahun mengendarai mobil atau sepeda motor, hal ini dilarang di norwegia,  mereka harus mengikuti dulu tes mengemudi yang ketat ,  setelah mencapai usia 18 tahun, bila lulus baru dibolehkan mengemudi.

 

Jadi jangan heran bocah cilik dan remaja ke sekolah menggunakan sepeda, atau sejenis scater,  yang bisa mereka lakukan hanya menumpang bis bila jaraknya jauh.

 

Pemberian fasilitas seperti itu tidak terlepas dari penghasilan minyak yang mereka miliki, negeri itu memiliki cadangan minyak terbesar diluar negera -negara Arab. Sehingga norwegia mampu memberikan kesejahteraan bagi rakyatnya,  juga atas besarnya ekspor ikan Salmon dan produk turunannya yang dibudidaya secara besar-besaran dilaut norwegia.

 

Kepada warganya negara ini menerapkan pembayaran pajak sebesar 36 persen dari penghasilan,  bila mereka bekerja lembur maka pajaknya akan dinaikkan menjadi 40 persen.

 

Hampir Tidak Ada PNS dan Kantor Pemerintahan Di Norwegia


              Bendera Norwegia Dikibarkan Dirumah Seorang Warga



Hampir tidak ada pegawai negiri sipil dinegeri ini,  jadi anda bila berkunjung ke Norwegia tidak perlu mencari kantor-kantor pemerintahan, yang ada hanya kantor polisi,  rumah sakit, Legal (praktek dokter), kantor pajak, rumah sekolah dan kantor komune (setingkat kantor camat).

 

“Di Norwegia tidak ada kantor atau dinas seperti dinas pendidikan, dinas tenaga kerja, dinas pariwisata, dinas kelautan, dinas perhubungan dan berbagai dinas lainnya, lazimnya seperti yang ada di Indonesia.”

 

Karena tidak ada pegawai negeri sipil dinegeri ini,  jadi setiap orang yang masuk usia pensiun gajinya dibayar oleh pemerintah, baik dia bekerja di toko, bekerja di restoran, bekerja di pabrik, membuka usaha sendiri, jika sudah mencapai usia 70 tahun tetap pensiun dibayar oleh pemerintah.

 

Tidak ditemukan seragam PNS di Norwegia, para siswa sekolah juga tidak memakai seragam, mereka bebas memakai pakaian apa yang mereka suka, polisi saja dikantornya terlihat hanya memakai pakaian sipil.


Kebersahajaan di Norwegia tidak hanya dilakukan oleh rakyat mereka, Raja negeri ini juga hidup bersahaja,  Raja Norwegia yang mereka sebut Harald,  bila bepergian kemana-mana lebih sering naik sepeda, itupun tanpa pengawalan, dia juga melakukan pekerjaannya sendiri yang terlepas dari negara untuk membiayai hidupnya.


Setiap tahun Raja Norwegia menjamu rakyatnya didepan kediaman resmi Kerajaan, saat itu mereka makan bersama sejenis ikan merah bersisik, yang menurut penuturan warga, pada masa lalu mereka semua pernah mengalami kelaparan, lalu mereka menemukan beberapa tong ikan yang hanyut dilaut, sejak itu setiap tahun Norwegia memperingati hari dimana mereka pernah lapar dengan memakan ikan merah bersisik itu.


Secara resmi pemerintahan Norwegia dijalankan oleh seorang  perdana menteri,  Raja Norwegia hanya berfungsi sebagai kepala negara dan simbol negara itu saja.


Proses Cepat.


Dalam urusan administrasi, negara ini memberikan pelayanan yang sangat cepat, setelah permohonan diterima petugas, hanya dalam waktu 15-20 menit surat yang kita inginkan sudah sampai.


Proses cepat bisa berlangsung karena petugas penerima setelah mengetik surat langsung mengirimkan kepimpinan mereka melalui komputer, lalu surat itu diprint dan ditanda tangani, kemudian diantar kedepan loket  kepada pemohon surat.


Demikian juga dalam permohonan kredit perbankan, 20 menit telah siap, karyawan bank melayani pemohon disebuah meja dekat ruang tunggu tamu, setelah pemohon menyerahkan KTP mereka, menanda tangani beberapa formulir, uang langsung masuk ke rekening.


Begitulah Norwegia, mereka mampu memberikan kesejahteraan bagi rakyatnya tidak terlepas dari penghasilan minyak yang mereka miliki, negeri ini  memiliki cadangan minyak terbesar diluar negera Negara Arab.

 

Tarmizi Alhagu

Komentar

Tampilkan

Terkini