Iklan

Sekretariat Baitul Mal Aceh, SKPA Sangat Inovatif Tahun 2021

Rabu, 01 Desember 2021, Desember 01, 2021 WIB Last Updated 2021-12-01T12:59:45Z

 




Banda Aceh - Sekretariat Baitul Mal Aceh (BMA) mendapatkan penghargaan sebagai satuan kerja perangkat Aceh (SKPA) sangat inovatif tahun 2021. Penghargaan tersebut diserahkan langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh, dr Taqwallah MKes di Ruang Prof Majid Ibrahim Kantor Bappeda Aceh, pada Senin (29/11/2021).


Kepala Sekretariat Baitul Mal Aceh, Rahmad Raden bersyukur atas perolehan penghargaan tersebut. Dikatakannya, penghargaan yang diraih oleh lembaga amil resmi Pemerintah Aceh ini tidak lepas dari kerja keras para amil dan tim Baitul Mal Gerak Aksi Humanis (BaGAH) Baitul Mal Aceh.


“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh amil Baitul Mal Aceh yang sudah bekerja keras dalam memberikan pelayanan serta memberdayakan masyarakat sehingga kita memperoleh penghargaan ini,” ucap Rahmad


Rahmad menambahkan, terdapat 31 SKPA yang memperoleh penghargaan tahun 2021 yang dibagi dalam dua kategori, yaitu kategori inovatif sebanyak 19 SKPA dan sangat inovatif sebanyak 12 SKPA. Dari 12 SKPA yang sangat inovatif tersebut Sekretariat Baitul Mal Aceh bersama Dinas Registrasi Kependudukan Aceh meraih nilai tertinggi, yaitu sama-sama memperoleh nilai 75.16.


“Di kantor Baitul Mal Aceh ada salah satu inovasi yang kami gagas, yaitu Baitul Gerak Aksi Humanis (BaGAH). BaGAH ini merupakan sebuah inovasi Baitul Mal Aceh dalam memberikan pelayanan yang cepat kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan mendadak. Akronim BaGAH itu sendiri merujuk ke Bahasa Aceh yaitu berarti cepat,” sebutnya.


Rahmad menjelaskan, Tim BaGAH terdiri atas beberapa orang amil Baitul Mal Aceh yang bertugas menerima informasi dari berbagai sumber, baik dari sosial media, media massa, atau yang melaporkan langsung sebuah kejadian dan kondisi masyarakat yang membutuhkan uluran tangan.


Program BaGAH ini sudah berlangsung sejak dua tahun terakhir untuk memberikan pelayakan prima kepada masyarakat. Ada pun beberapa kejadian yang selama membutuhkan bantuan cepat, antara lain bencana alam, bencana kemanusiaan, bantuan untuk orang sakit, dan pendamping orang sakit dari keluarga miskin.


“Meskipun hari ini kami sudah memperoleh penghargaan, tetapi kami tetap tidak berpuas diri, Insya Allah kami akan terus meningkatkan kinerja kami dalam memberikan yang terbaik untuk masyarakat, karena itu memang tugas dan tanggung jawab kami kepada negara dan kepada Allah SWT. Kita akan terus memperbaiki kekurangan-kekurangan tim BaGAH selama ini,” tutup Rahmad.


Terakhir, Rahmad juga mengucapkan terima kasih tak terhingga kepada para muzaki Baitul Mal Aceh yang telah memercayai zakatnya untuk dikelola oleh Baitul Mal Aceh, sehingga dapat membantu banyak masyarakat. 


Red

Komentar

Tampilkan

Terkini