Iklan

USK Kukuhkan 6 Profesor Baru

Rabu, 29 Desember 2021, Desember 29, 2021 WIB Last Updated 2021-12-30T07:57:46Z

 



Banda Aceh - Universitas Syiah Kuala (USK) kembali mengukuhkan enam guru besar (profesor) baru dalam sidang senat terbuka secara daring dan luring dari Gedung AAC Dayan Dawood, Banda Aceh, pada Selasa (28/12). 


Keenam guru besar yang dikukuhkan adalah  Prof Dr Ir Mariana, M Si, Prof  Dr Nyak Amir, S Pd M Pd, Prof Dr dr Syahrul, Sp S(K), Prof Dr Drs Nurdin, M Si, Prof Dr dr Herlina Dimiati, Sp A(K), serta Prof Dr Ir Alfiansyah Yulianur BC.


Pengukuhan kali ini masih dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, karena masih pandemi Covid-19. Pihak keluarga dan undangan yang diizinkan hadir secara langsung dibatasi.


Dalam kesempatan tersebut masing-masing profesor menyampaikan orasi ilmiahnya sebagai berikut, Prof Mariana dengan judul "Proses Pemisahan Polutan Dalam Gas Hasil Pembakaran dan Pemisahan Logam Berat Dalam Limbah Cair", Prof Nyak Amir dengan judul "Pendidikan Fisik dan Olahraga Sebagai Instrumen Peningkatan Kualitas Hidup", Prof Syahrul dengan judul "Penanggulangan Stroke Secara Holistik Untuk Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia".






Kemudian, Prof Nurdin dengan judul "Potensi Sumber Daya Tumbuhan Dalam Menghasilkan Senyawa Kimia", Prof Alfiansyah Yulianur dengan judul "Peran Hidrologi Terapan Dalam Pengelolaan Sumber Daya Air, dan Prof Herlina dengan judul "Malnutrisi Anak Upaya Pencegahan Penyakit Kardiovaskular Menjadikan Sumber Daya Manusia Indonesia Unggul".


Rektor Universitas Syiah Kuala, Prof. Samsul Rizal, dalam sambutannya mengatakan meskipun pandemi Covid-19 membatasi aktivitas selama dua tahun terakhir, namun laju pertumbuhan jumlah profesor di USK masih cukup baik. Pada tahun 2021 ini saja, USK telah mengukuhkan 27 guru besar.


"Hari ini, USK kembali mengukuhkan 6 orang professor baru. Secara umum, laju pertumbuhan jumlah guru besar di USK semakin baik dari tahun ke tahun. Di sisi lain, hal ini juga menunjukkan bahwa berbagai upaya yang kita jalankan untuk mempercepat pertumbuhan jumlah profesor di USK tidaklah sia-sia, " ujarnya.


Profesor Samsul Rizal mengatakan saat ini USK telah memiliki 103 profesor, dan terus berupaya untuk menambah jumlah profesor.  USK masih sangat optimis tahun depan, jumlah professor di USK akan mencapai 150 orang, demikian pungkasnya.


Soraya


Komentar

Tampilkan

Terkini