Asisten I Sekda Aceh Minta Bupati/Walikota Turunkan Stunting di Aceh

Kamis, 17 Maret 2022, Maret 17, 2022 WIB Last Updated 2022-03-20T09:54:56Z


 


Banda Aceh-Aceh memiliki tingkat stunting yang sangat tinggi terutama di Gayo Lues yang mencapai 42, 9 persen, dikuti  Aceh Tenggara memiliki tingkat stunting tinggi, kemudian Kabupaten  Aceh Jaya  tingkat stunting hingga 33 persen.

 

Secara keseluruhan tingga stunting Aceh berada sangat tinggi , kata Asisten I Sekda Aceh DR.M.Jafar SH,M,hum dalam Sosilisasi RAN Pasti, yang dihadiri oleh para Bupati dengan tingkat stunting tinggi didaerah mereka, tenaga kesehatan dan Deputi III Kemenko PMK ikut hadir di Permata Hati Hotel Banda Aceh, Rabu, 16/3.

 

Menurut standart WHO yang menyebut angka stunting harus dibawah  20 persen,  tidak ada satupun wilayah di Aceh sesuai dengan standart,  termasuk Banda Aceh yang memiliki tingkat stunting  23 persen.

 

M.Jafar berharap kepada Bupati dan Walikota agar dapat semaksimal mungkin  menurunkan tingkat stunting yang tinggi, termasuk dengan kampanye makan ikan dan buah-buahan.

 

Deputi III Kemenko PMK drg. Agus Suporapto M,Kes optimis dengan komsumsi  sumber daya laut Aceh yang tinggi akan menurunkan tingkat stunting,  “dengan protein hewani yang banyak di Aceh , angka stunting akan turun.

 

Aceh adalah sebuah wilayah yang mengisi perut mereka  dengan komsumsi protein nabati,  protein hewani sangat minim dikomsumsi manyoritas warga Aceh.

 

Tarmizi Alhagu

 

 

Komentar

Tampilkan

Terkini