Pj Walikota Amiruddin Bakal Gasak Usaha Kuliner Penunggak Pajak

Kamis, 14 September 2023, September 14, 2023 WIB Last Updated 2023-09-14T06:33:38Z

 https://youtu.be/Mtknenp9wWs

Pj Walikota Banda Aceh Amiruddin

 


Banda Aceh - Pj Walikota Banda Aceh Amiruddin,  kini sedang fokus menggenjot pajak restoran dan hotel di Kota Banda Aceh. Beberapa  restoran yang menunggak pajak sudah dia tempelkan peringatan, katanya pada Rabu (13/9), di Pendopo Walikota Banda Aceh.

 

Amiruddin berkeyakinan dengan pajak dari restoran dan kafe atau warung  kopi itu, dapat memberi masukan yang signifikan untuk Pemko. “ Pajak ini bisa membuat kita bisa melakukan pembangunan, banyak yang bisa kita bangun, " ujarnya.

 

Selama ini dikatakan Pj Walikota, banyak pemilik warung kopi besar tidak jujur dalam membayar pajak. Misalnya setiap bulan mereka hanya membayar satu juta rupiah saja, padahal warkop itu memiliki omset sampai 10 juta Rupiah/hari. “ Sesuai Undang-Undang mereka harus bayar 10 persen dari omset, " ucapnya.

 

Pajak ini bukan kita pungut dari pemilik usaha, tetapi dari pelanggan yang menikmati kuliner atau menginap di hotel. “  Yang mereka bayar saat minum kopi atau makan di restoran dan warung kopi, " tambahnya.

 

Pj Wali Kota menyebut, selama ini Mc Donald dan KFC sudah disiplin membayar pajak, tetapi pelaku usaha restoran dan warung kopi lain masih belum. "Kita telah sosialisasikan, beberapa sudah kita beri peringatan. Bila mereka masih ingkar, akan diambil tindakan lebih tegas nanti, " katanya.

 

 

Tertibkan Jalan Ahmad Yani Peunayong.

 

Amiruddin juga menyampaikan,  mereka berencana menertibkan pedagang kuliner  di Jalan Ahmad Yani Peunayong. selama ini akibat usaha mereka, telah membuat jalan A Yani tidak bisa dilewati kenderaan bermotor.

 

“Jalan A Yani itu sudah tidak bisa dilewati,  usaha kuliner disitu menggunakan badan jalan.  Seharusnya jalan itu mudah dilewati, trotoarnya juga bisa dilewati pejalan kaki. Ini tidak, kegiatan usaha mereka mengganggu orang yang menggunakan jalan, " tuturnya.

 

Dia juga menyebut akan menertibkan pedagang di Jalan Panglima Nyak Makam, yang selama ini telah membuat  jalan di sana susah dilewati.  “Nanti kita akan turunkan Satpol PP untuk tertibkan. Selama ini mereka buka usaha  seenaknya saja, di mana tempat yang ramai disitu dibuka, ini akan kita tertibkan, " kata Pj Walikota Amiruddin.

 

Tarmizi Alhagu.

Komentar

Tampilkan

Terkini