Iklan

Dayah Tgk.Chiek Eumpe Awe.

Kamis, 05 Juli 2018, Juli 05, 2018 WIB Last Updated 2018-07-05T03:14:32Z

Ditengah perbukitan Blang Bintang, sebuah Dayah bernama bernama Tgk.Chiek Eumpe Awe. berdiri  dengan gedung yang megah,   terletak tepat dibelakang bandara Sultan Iskandar Muda.

Dayah yang kini memiliki 92 santri,  bertambah lagi dengan 30 santri yang baru mendaftar, telah berdiri sejak tahun 2002, dengan santri perdana sebanyak 83 orang, dibimbing oleh 5 ustad berasal dari Montasik, dibawah pimpinan Ustad Nasrullah. 

Meski terletak ditengah perbukitan sunyi, Dayah ini memiliki gedung yang megah, mushalla yang bagus, dengan fasilitas 2 buah gedung belajar berukuran besar, 24 bilik santri dengan kapasitas 6 santri setiap bilik. 
                                                                                                                                                                    Seperti lazimnya Dayah lainnya di Aceh, Dayah ini juga mengajarkan kitab-kitab fiqih  dan berbagai pelajaran lainnya, mereka belajar siang dan malam ditengah kesunyian perbukitan Blang Bintang. 

Para santri berasal dari berbagai daerah di Aceh, pada awal pendirian, Dayah ini membebaskan biaya kepada santrinya, namun kini mereka mulai mengutip biaya kata salah seorang ustad pembimbing.
Menurut para ustad pengajar, para santri yang menuntut ilmu pada Dayah Tgk.Chiek Eumpe Awe, karena situasi belajar yang tenang dan jauh dari kebisingan.

tarmizi alhagu




Komentar

Tampilkan

Terkini