Iklan

Ketua Partai Gabthat : Ulama Berperan Penting Untuk Perbaikan Politik Aceh

Jumat, 12 November 2021, November 12, 2021 WIB Last Updated 2021-11-12T11:33:33Z

 



Banda Aceh - Acara Silaturahmi Akbar Ulama se-Aceh yang digelar baru-baru ini berlangsung sukses. Kegiatan dengan tema "Peran Ulama Dalam Perbaikan Politik Aceh" tersebut, dihadiri ulama-ulama kharismatik dari seluruh penjuru Aceh.


Salah satunya adalah Ketua Umum Partai Gabthat Tgk H Ahmad Tajuddin AB atau lebih dikenal dengan Abi Lampisang. Lewat partai lokal yang dibentuknya, Abi Lampisang berupaya untuk ikut serta memperbaiki kondisi politik di Aceh, sesuai dengan hasil rekomendasi pertemuan para ulama.


Demikian katanya, usai mengikuti Acara Silaturahmi Akbar Ulama se-Aceh kepada media pada Kamis, 11 November 2021 di Banda Aceh.


Dijelaskannya, tujuan silaturahmi tersebut untuk menyatukan ide agar kondisi politik Aceh hari ini yang sangat carut marut dapat teratasi, serta bagaimana mengubah pola pikir masyarakat Aceh hari ini, tidak lagi ikut memberi suara pada saat Pilkada karena janji manis namun hasilnya nihil. 


Menurutnya, dengan silaturahmi Akbar Ulama se-Aceh ini menunjukkan bahwa peran ulama sangat penting untuk perbaikan politik di Aceh kedepan.




"Para ulama yang hadir dalam pertemuan sependapat mengeluarkan rekomendasi membentuk partai politik lokal (Parlok) baru di Aceh. Partai Gabthat menyampaikan ide untuk dibentuknya Pengurus Dewan Majelis Tinggi agar parlok nanti mendapat arahan dan petunjuk dari ulama Aceh, " sebutnya.


"Bahwa dalam memutuskan sikap politik lokal terhadap persoalan publik, kita semua harus dapat memahami butir-butir MoU Helsinki tahun 2005, dan untuk menjalankan laju politik tanpa petunjuk ulama ini sama saja seperti perahu tidak ada nahkoda, " paparnya.


Ditambakan Abi Lampisang, selain itu para ulama juga menyarankan kepada lintas partai politik untuk mengkaji peluang dibentuknya Dewan Syariah Siyasah (DSS), agar kebijakan tokoh partai politik di Aceh sejalan dengan Syari'at Islam di Bumi Seuramoe, sehingga aturan Islam dapat berjalan tegak.


"Hasil rekomendasi Silaturahmi Akbar Ulama se-Aceh ini merupakan momentum untuk memperbaiki politik di Aceh agar lebih sehat. Serta masukan para ulama kepada Partai Gabthat dan partai lokal lainnya agar dapat memperjuangkan dan menjalankan hasil rekomendasi para ulama , " urainya.  


"Harapan ulama dengan adanya silaturahmi tersebut, dinamika perpolitikan di Aceh semakin baik sehingga semua pihak tetap solid untuk menjaga perdamaian di Serambi Mekkah, " demikian tutup Abi Lampisang.


Red

Komentar

Tampilkan

Terkini