Iklan

Selama Covid-19 Kuliah di Unaya Berjalan Secara Daring dan Tatap Muka Terbatas

Selasa, 26 Januari 2021, Januari 26, 2021 WIB Last Updated 2021-01-26T10:30:17Z


Banda Aceh - Walaupun dalam kondisi pandemi Covid-19, Universitas Abulyatama (Unaya) di Aceh Besar tetap menjalankan proses kuliah baik secara daring, dan tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, yang penting kampus tetap berkreasi dalam melaksanakan tridarma perguruan tinggi.


Demikian jelas Rektor Unaya Ir R Agung Efriyo Hadi MSc PhD kepada media ini pada Jumat (22/01), melalui wawancara tertulis via aplikasi WhasApp.


Dijelaskannya menghadapi pandemi Covid-19, Unaya mengeluarkan kebijakan baik kepada mahasiswa, dosen, hingga pengawai untuk tidak beraktivitas di lingkungan kampus dalam kurun waktu tertentu, serta imbauan kepada mahasiswa, dosen, hingga tenaga kependidikan untuk waspada terhadap penyebaran Covid-19 dilingkungan Unaya.


"Terkait dengan proses perkuliahan di Unaya selama pandemi berjalan cukup baik.  Beberapa hal yang sudah dilakukan Unaya untuk mendukung kelancara proses perkuliahan secara daring antara lain, mengembangkan Learning Management System (LMS) sebagai platform pembelajaran daring diawal pandemi, dan terus disempurnakan hingga sekarang. Sejauh ini sambutan dosen dan mahasiswa cukup baik, " papar Agung.


Dijelaskannya, Unaya juga memberikan pelatihan, dan workshop kepada dosen, dan mahasiswa agar dapat memanfaatkan platform LMS Unaya secara optimal, sehingga tidak mengalami kendala.





Workshop berlangsung secara daring, dengan materi terkait pemanfaatan fitur-fitur dalam platform LMS Unaya, baik settingan absensi kehadiran, mengupload materi, video pembelajaran, upload ebooks sampai pada settingan untuk kuis, tugas dan evaluasi akhir, lanjutnya.


"Unaya juga membentuk tim satuan tugas pencegahan pandemi Covid-19. Beberapa tugas yang telah dilaksanakan yakni penyemprotan disinfektan di sekitar kampus, menyediakan tempat cuci tangan, dan hand sanitizer di setiap ruang dan unit kerja, " imbuhnya.


Rektor Unaya menerangkan kebijakan lainnya dikeluarkan oleh Unaya terkait kegiatan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN),  dalam pelaksanaan teknisnya disetting dalam website Unaya sehingga mahasiswa dapat mendaftar secara online, mengirimkan laporan KKN juga melalui website yang ada. Mahasiswa KKN Unaya diarahkan menjadi relawan, dan mengambil peran dalam penanganan wabah Covid-19, tambahnya.


"Pada awal Pandemi Covid-19 Unaya menjalankan proses perkuliahan dengan full daring, demikian juga dengan prodi yang memiliki kurikulum praktek, dan praktikum laboratorium, tetap dijalankan dengan berbasis online, " ucapnya.


Ditambahkannya, sejalan dengan berbagai kebijakan, dan arahan yg dikeluarkan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah Aceh terkait era New Normal, Unaya pun menyikapinya dengan pertimbangan hati-hati, guna menjaga kampus Unaya tidak menjadi kluster dalam penyebaran Covid-19. 




Harapannya, mahasiswa dan dosen tahu bagaimana menyikapi pandemi Covid-19, dan tidak patah semangat untuk terus berkarya dan belajar, lalu membangun kesadaran diri, dan lingkungan sekitar bahwa ada hikmah yang positif dari pandemi Covid-19 ini, sehingga optimis untuk membangun masa depan.


"Harusnya bersiap lebih baik karena setelah pandemi Covid-19 diyakini tantangan untuk semua bidang pekerjaan, dan usaha akan berubah. Banyak riset yang menyebutkan hal tersebut, sehingga mahasiswa Unaya harusnya cerdas mengambil peluang ini, untuk meningkatkan daya saing lulusan nantinya, " tutup Rektor Unaya.


Sementara itu, Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Unaya Dr Tuti Mardjan M Pd yang dijumpai media ini pada Selasa (26/01) di Kampus Unaya Aceh Besar, menjelaskan saat ini di Unaya proses kuliah dengan pola hybrid, yakni pembelajaran secara luring dan daring dengan tetap mematuhi prokes.


"Beberapa fakultas yang sudah menjalankan perkuliah secara luring seperti Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Teknik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Pertanian, dan Fakultas Kedokteran sudah menjalankan luring, " sebut dosen FKIP Biologi Unaya ini.


Ditambahkannya, pelaksanaan kuliah tatap muka untuk prodi yang memiliki 20 mahasiswa satu angkatan, dengan menjaga jarak duduk 1 meter. Begitu juga, mahasiswa yang melakukan penelitian di laboratorium, atau di lapangan dapat terlaksana dengan ditemani asisten.  


"Unaya saat ini sedang memasuki masa ujian akhir semester (UAS) mulai tanggal 20 hingga 30 Januati 2021. Melalui LMS  proses evaluasi akhir ini terus dimonitoring agar dapat berjalan lancar, dan mahasiswa juga memperoleh penilaian yang objektif dari dosen, " demikian ujarnya.


Soraya

Komentar

Tampilkan

Terkini