Aminulah Usman Wariskan Halte Trans Kutaraja Kembar Tiga Keudah Kepada Warga Kota Banda Aceh

Sabtu, 20 Mei 2023, Mei 20, 2023 WIB Last Updated 2023-05-20T14:45:01Z

 




Banda Aceh - Halte adalah tempat penumpang umum  menunggu bis atau angkutan umum. Biasanya disediakan ditengah kota,  demikian juga Halte Bis Trans Kutaraja Banda Aceh,  di sejumlah titik disediakan satu halte.

 

Kelaziman itu ternyata tidak berlaku untuk Halte Trans Kutaraja  Keudah.  Di lokasi itu memiliki tiga halte kembar, berjajar disatu sisi jalan. Tepat di depan Warung Kopi Solong, sebuah warung kopi premium yang menjadi lokasi tongkrongan kelas menengah di Banda Aceh.

 

Semula sebelum dibangun warung kopi Solong, lokasi itu adalah taman kota. Kemudian pada masa kepemimpinan Wali Kota Aminullah Usman, separuh taman kota Keudah  beralih fungsi menjadi warung kopi Solong. Disediakan juga lokasi parkir di sana.

 

Pada awal pembukaan Warkop Solong, Halte Trans Kutaraja di Keudah masih tunggal. Beberapa lama kemudian  ditambah satu halte lagi hanya berjarak beberapa meter,  tidak cukup dua, halte itu  dibangun satu lagi tepat di depan pintu Terminal Keudah.

 

Keanehan pembangunan halte kembar tiga di Keudah,  sangat kontradiktif dengan kondisi keuangan pemerintah kota Banda Aceh. Walikota Aminullah Usman meninggalkan hutang diakhir kepemimpinannya.

 

Hutang yang ditinggalkan Aminullah Usman itu menjadi warisan yang harus diterima oleh Pj Wali Kota Bakri Siddiq. Akibatnya dia harus membayar berbagai hutang yang terjadi pada masa Wali Kota Aminullah Usman kepada para rekanan.

 

Solong Keudah Lokasi Favorit Aminullah Usman Ngopi.

Specialnya warung kopi Solong Keudah, untuk mantan Wali Kota Aminullah Usman, terlihat jelas sekali. Beberapa kali mantan Dirut Bank Aceh itu terlihat ngopi bersama koleganya di situ. Dia duduk berjejer  dengan meja digandengkan di bagian sisi luar Warkop Solong.

 

Aminullah memang memiliki banyak kolega, selain sebagai Ketua PAN Kota Banda Aceh, Aminullah juga memiliki banyak kolega di dunia olah raga sepak bola. Dia cukup lama menjadi manager Persiraja Banda Aceh.

 

Melihat seringnya Aminullah Usman memilih lokasi minum kopi di Solong Keudah, adakah hubungannya kebijakan membangun tiga halte kembar Trans Kutaraja di Keudah ?  Menjadi pertanyaan yang perlu jawaban, karena dengan alasan apapun,  dana pembangunan itu berasal dari uang rakyat. Sementara keuangan Pemko Banda Aceh dalam kondisi devisit saat itu.

 

Tarmizi Alhagu.

 

 

 

 

 




Komentar

Tampilkan

Terkini