Ads (728x90)


Banda Aceh-Usai mengikuti maulid akbar, Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali melakukan peletakan batu pertama pembangunan Jantho Sport City untuk tempat pelaksanaan Pekan Olahraga Aceh (PORA) ke XIII yang dipusatkan di Taman Meuligoe Kota Jantho pada Rabu (28/2/2018).

Turut hadir M. Nasir Djamil (Komisi III DPR RI), Sulaiman Ali (anggota DPRA), Forkopimda Aceh Besar, para kepala SKPD, pengurus KONI Aceh dan Aceh Besar, dan tokoh olahraga.

Pantauan media ini suasana peletakan batu pertama dalam kondisi hujan hingga membuat lokasi berlumpur. Dalam sambutannya Mawardi mengatakan, “Penyelenggaraan PORA semua cabang akan kita pusatkan di Kota Jantho ini, kecuali, sejumlah cabang tertentu yang tidak memungkinkan diselenggarakan di Aceh Besar, seperti menembak, renang, dayung, dan lainnya. “

Adapun luas area Jantho Sport City tersebut mencapai 9 hektare. Meliputi pembangunan berupa 11 fasilitas atau gedung, seperti stadion mini, gedung A, B, C, D, gedung olahraga bela diri, bulutangkis, dan panjat tebing.

Pembangunan dimulai dengan pendirian Gedung Olahraga Bela Diri (Gedung B). Total nilai kontrak pembangunan gedung ini senilai Rp 7,8 miliar lebih yang dikerjakan PT Joglo Multi Ayu.

Disusul nantinya sarana olahraga lainnya juga sedang dalam proses lelang, seperti, pembangunan Gedung Indoor Futsal, Lapangan Bulu Tangkis, Takraw, Basket, serta venue cabang-cabang olahraga lainnya. Pemerintah Aceh mengalokasikan anggaran  Rp 80 miliar untuk pembangunan fisik sarana olahraga ini dan 20 miliar untuk fasilitas lainnya.

Mawardi Ali menargetkan, proyek ini akan rampung pada 30 Oktober 2018 mendatang atau 8 bulan mendatang, sementara PORA XIII direncanakan akan dimulai pada 18 November 2018.

Dengan adanya pembangunan berbagai fasilitas olahraga di ibukota Kabupaten Aceh Besar tersebut, diharapkan Kota Jantho akan menjadi kawasan wisata. Apalagi, dengan kondisi Kota Banda Aceh hari ini yang begitu padat.

 “Kita berharap sport center ini nantinya juga dapat digunakan sebagai tempat olahraga pendukung PON tahun 2024. Kepada KONI Aceh, kami berharap agar terus mengawal pembangunan Jantho Sport City ini, ‘ ujarnya.

Soraya

Posting Komentar